Memelihara Kucing atau Anjing? Inilah Beberapa Tips Supaya Rumah Tetap Bersih

Bagi beberapa orang, memelihara hewan di rumah memberi kesenangan tersendiri. Akan tetapi, pemilik rumah berarti perlu menaruh perhatian ekstra supaya kebersihan rumah selalu terjaga. Kebersihan berkaitan erat dengan kesehatan para penghuni rumah. Dan bagaimanapun, hewan peliharaan juga berpotensi menularkan bibit penyakit.

Tapi jangan khawatir, jika Anda memiliki hewan peliharaan, kebersihan rumah bisa selalu terjaga dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini:


Membersihkan bulu-bulu hewan yang rontok

Ketika memelihara hewan berbulu seperti kucing atau anjing, pasti akan ada bulu-bulu rontok yang yang menempel di lantai, karpet, sofa maupun pakaian. Bulu-bulu itu bisa memicu alergi pada beberapa orang. Karena menyapu saja tidak cukup, Anda juga perlu membersihkan bulu-bulu hewan yang menempel di perabot rumah tangga dengan permukaan kain menggunakan vacuum cleaner. Lakukan vacuum setiap dua hari sekali. Anda juga bisa menggunakan sikat velcro untuk mempermudah pembersihan bulu di pakaian dan permukaan karpert.

Siapkan kandang khusus

Supaya furnitur rumah Anda tak rusak dicakar kuku kucing, siapkanlah kandang khusus. Anda bisa membuat sendiri ataupu membeli kandang kayu yang desainnya sedikit tinggi supaya hewan peliharaan tidak mudah kabur saat Anda mengistirahkannya di kandang. Lebih baik bila ukurannya juga luas supaya hewan peliharaan Anda bisa bergerak lebih bebas di dalam kandang. Selain itu, bersihkan kandang secara berkala.

Latih untuk buang air pada tempatnya

Meskipun Anda begitu menyanginya, hewan peliharaan yang sering buang “hajat” sembarangan bisa terasa menjengkelkan. Karena itu, latih kucing atau anjing supaya terbiasa buang air di toilet. Cara lainnya, siapkan bak khusus berisi pasir untuk dijadikan tempat pembuangan kotoran. Sebaiknya gunakan pasir yang tidak mudah menggumpal dan tempatkan bak pasir di dalam atau dekat kandang. Tak lupa ganti pasir dalam bak secara berkala.

Membersihkan lantai dari noda bekas kaki

Kucing dan anjing senang berjalan ke sana kemari bahkan hingga ke luar rumah. Karena kaki mereka bersentuhan langsung dengan tanah, lantai rumah pun kerapkali jadi ada noda bekas kaki. Hindari penggunaan pembersih lantai berbahan kimia keras yang bisa membahayakan kesehatan penghuni rumah termasuk hewan peliharaan Anda. Jika memungkinkan pilih pembersih lantai berbahan alami seperti yang berbahan minyak sereh. Atau bisa juga menggunakan cuka pembersih dan baking soda.

Merawat hewan peliharaan secara teratur

Mandikan kucing atau anjing kesayangan Anda minimal sekali dalam seminggu. Mandikan lebih sering jika mereka sering bermain di rumput, tanah, atau lumpur. Sesekali, bawalah hewan peliharaan Anda pergi ke salon perawatan. Selain dibersihkan secara menyeluruh dari atas sampai bawah, di salon hewan juga biasanya ada pemeriksaan kesehatan hewan.