Tips Membersihkan Rumah bagi Mereka yang Alergi Debu

Alergi debu adalah salah satu bentuk alergi yang paling umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Gejalanya adalah bersin-bersin, kemerahan pada hidung dan mata yang kemerahan, hidung meler, dan gatal-gatal. Jika ada anggota yang memiliki alergi debu, itu berarti Anda harus benar-benar rutin membersihkan debu yang bersarang di sudut-sudut rumah Anda.

Menghindari debu dapat mencegah timbulnya gejala alergi debu. Akan tetapi, hal ini sulit mengingat debu ada di mana-mana. Debu yang bersarang di atas permukaan perabot rumah tangga sulit dihindari. Karena itu, bersih-bersih rumah dari debu harus jadi agenda rutin.


Untuk pembersihan rumah yang lebih maksimal, berikut beberapa tips membersihkan rumah bagi mereka yang alergi debu:

Vacuum minimal seminggu sekali

Debu yang bersarang di karpet dan furnitur sebaiknya dibersihkan menggunakan vacuum cleaner minimal satu kali dalam seminggu. Pilihlah vacuum cleaner yang sudah berteknologi HEPA guna meminimalisir risiko debu terbang kembali ke udara. Vacuum dengan HEPA dapat memerangkap debu dan partikel kecil lainnya secara efektif dan mencegahnya menyebar ke udara supaya tidak terhirup kembali ke dalam tubuh.

Gunakan “perlindungan” saat membersihkan rumah

Jika Anda memiliki alergi debu, gunakan perlindungan ekstra seperti masker ketika menyapu maupun menyedot debu. Masker ini penting sebagai penghalang fisik antara mulut, hidung, dan kontaminan di dalam rumah yang berpotensi memicu alergi. Bahkan jika Anda sangat sensitif, sebaiknya kenakan pakaian serba panjang dan sarung tangan agar allergen tidak menyentuh kulit saat membersihkan barang atau ruangan berdebu.

Membersihkan filter AC

Ketimbang membuka jendela saat panas, menyalakan AC memang dapat meminimalisir serangan alergi debu. AC dirancang dengan teknologi sedemikian rupa untuk menyaring udara sehingga dapat mengurangi allergen di dalam rumah seperti debu, jamur, serbuk sari, jamur, dan lainnya. Akan tetapi, filter AC juga perlu dibersihkan secara berkala setiap satu hingga tiga bulan sekali. Ini untuk memperpanjang masa pakai AC dan mempertahankan performa terbaiknya.

Decluttering

Ya, belajarlah menerapkan prinsip hidup minimalis dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak fungsional di rumah. Semua barang di rumah bisa jadi sarang debu. Sebaiknya hindari menaruh terlalu banyak pajangan atau dekorasi seperti boneka berbahan kain, buku, bingkai foto, dan bunga buatan di dalam rumah karena berpotensi menjadi tempat bersarangnya debu.

Cuci perlengkapan tidur secara berkala

Ketika tidur malam, setidaknya kita akan menghabiskan waktu selama enam sampai delapan jam di kamar tidur. Karenanya, kebersihan kamar tidur harus diberi perhatian ekstra terutama jika Anda memiliki alergi debu. Cucilah selimut, sprei, dan tirai kamar harus dicuci dengan air bersuhu di atas 50 derajat Celcius secara berkala untuk membasmi tungau debu yang bersarang di dalamnya. Bantal dan guling juga perlu dibersihkan dengan mencucinya setiap tiga sampai enam bulan sekali. Tak lupa, kasur juga perlu di-vacuum dan dijemur di bawah sinar matahari setiap bulan atau minimal per tiga bulan sekali.